Senin, 23 Maret 2009

MusiK Komputer

0 false false false EN-US X-NONE X-NONE

Musik komputer adalah musik yang menggunakan komputer untuk mentransisikan instruksi musikal ke suatu peralatan elektronik untuk menghasilkan suara musik. Musik komputer pertama kali dikembangkan oleh Max. V Matthews di laboratorium Bell, Muray Hill, N.J. pad tahun 1957 [ADI98].

Perkembangan musik komputer ini menghasilkan sebuah penemuan yang disebut MIDI pada tahun 1983. MIDI yang merupakan singkatan dari Musical Instrument Digital Interface adalah sebuah protokol yang memberikan standar bagaimana informasi musik dapat direpresentasikan dalam data elektronik. Dengan adanya MIDI komunikasi antar alat musik elektronik dapat dilakukan. MIDI menspesifikasi 3 hal yaitu perangkat keras, protokol komunikasi, dan format file [ADI98]. Dalam tugas akhir ini yang digunakan hanya spesifikasi format file.

File MIDI mempunyai 3 jenis format :

1. Format 0, format ini memiliki satu track dengan 16 channel.

2. Format 1, format ini maksimum memiliki 65025 track dengan 16 channel.

3. Format 2, format ini maksimum memiliki 65025 track yang independen dengan 16 channel.

Representasi informasi musik dalam MIDI terdiri dari representasi nada, representasi durasi nada, representasi ekspresi, dan representasi track.

File MIDI baik format 0 maupun format 1 memiliki komponen pembentuk yang sama. Komponen dasar dalam file MIDI adalah : chunk dan variable length quantity.Chunk terdiri dari Chunk MThd (terdapat pada awal/header file MIDI) dan Chunk MTrk (informasi nada nada yang dikirimkan menjadi MIDI Messages). Chunk Mtrk terdiri dari 3 jenis yaitu MIDI Event (berhubungan dengan cara membunyikan not), Meta Event (tidak berhubungan dengan cara membunyikan not) dan SysEx Event (berhubungan dengan informasi custom pabrikan alat musik yang menghasilkan suara MIDI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar